Selasa, 04 September 2012

Cari Tahu Beasiswa ke Mana?

MENGETAHUI informasi lengkap tentang suatu beasiswa menjadi bekal kita dalam proses melamar beasiswa. Selain persyaratan dan tenggat waktu, ada baiknya kita juga mengetahui berbagai informasi pendukung lainnya guna menyukseskan perburuan beasiswa kita.

Kita perlu tahu, tahapan seleksi apa saja yang akan dilalui dan krusial dalam meloloskan aplikasi beasiswa kita. Kita juga perlu mengetahui berbagai informasi tambahan dan pihak-pihak yang bisa ditanyai jika kita mengalami kesulitan.

Informasi tambahan
Terkadang, meski situs resmi lembaga pemberi beasiswa telah mencantumkan informasi lengkap tentang suatu beasiswa, banyak pertanyaan teknis yang masih belum terjawab. Untuk mendapatkan informasi tambahan ini, kita bisa mengontak senior atau teman yang sudah kuliah di kampus incaran.

Menurut salah seorang pemburu beasiswa, Ronald, cara ini juga ampuh untuk mengetahui berbagai lowongan beasiswa yang terkadang hanya dicantumkan di kampus setempat.

"Kita bisa juga mengontak perguruan tinggi idaman, melalui kantor urusan internasionalnya, untuk mencari tahu apakah ada beasiswa di jurusan yang kita inginkan," ujar Ronald, seperti disitat Okezone dari mailing list (milis) beasiswa Yahoo Groups, Kamis (23/8/2012). 

Perhimpuan Pelajar Indonesia (PPI)

PPI memiliki cabang di berbagai negara. Perhimpunan ini juga bisa menjadi tempat kita bertanya tentang beasiswa dan seluk beluk kehidupan dan perkuliahan di luar negeri.

Menurut Ronald, beberapa milis PPI keanggotaannya tertutup. Seseorang hanya akan diterima menjadi anggota jika sudah ada acceptance letter dari universitas. Meski demikian, imbuhnya,  ada beberapa pengurus PPI yang berbaik hati buat ditanya-tanya, kita hanya perlu rajin mencari tahu informasi kontak mereka.

"Jika ada PPI yang keanggotaannya tertutup, coba minta tolong teman yang jadi anggota untuk meneruskan (forward) pertanyaan kita ke milis PPI tersebut," sarannya

0 komentar:

Posting Komentar