Minggu, 11 Maret 2012

5 Tips Sehat Di Kampus

TUGAS kuliah menumpuk, janji hang out dengan teman harus ditepati, belum lagi deadline proyek kerja sama dengan dosen di depan mata. Mana sempat mikirin kesehatan?


Wah, pemikiran seperti ini harus kamu buang jauh-jauh deh. Sebagai mahasiswa dengan seabrek kegiatan, menjaga kesehatan harusnya menjadi prioritasmu. Pasalnya, kehidupan kampus itu rentan terhadap penyakit, terutama di musim pancaroba.

Sedikitnya ada lima cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan, seperti dilansir situs College Cure, Jumat (13/1/2012).

1. Vaksinasi


Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai ngekos adalah konsultasi dengan doktermu. Sebab, terkadang kebersihan di tempat kos tidak terjamin, apalagi mengingat satu rumah kos bisa dihuni oleh puluhan orang. Enggak ada salahnya kok meminta vaksinasi untuk mencegahmu terkena penyakit tertentu.

2. Makan makanan sehat


Paket hemat makanan cepat saji memang menggugah selera, tapi itu bukanlah pilihan yang sehat. Meskipun jadwalmu padat, kamu harus membiasakan diri dengan pola makan sehat. Masukkan buah, sayur, dan protein dalam perencanaan makanmu. Pastikan kamu mendapat nutrisi yang cukup, termasuk yang mengandung antioksidan. Zat itu penting untuk memerangi radikal bebas yang menyebabkan tubuhmu rentan sakit.

3. Tidur cukup


Secara umum, tidur sangatlah penting untuk kesehatan. Terkadang, berjubelnya agenda kegiatan kampus membuat tidur menjadi sesuatu yang mewah. Perlu diingat, kurang tidur akan menurunkan imuitas tubuhmu. Jika daya tahan tubuhmu menurun, maka kemampuanmu memerangi virus juga menurun.

4. Berolahraga rutin


Biasakan berolahraga sedikitnya 30 menit setiap hari. Kuliah dan berbagai proyek penelitian pasti melatih otak kita untuk tetap tajam, tetapi latihan yang sama juga diperlukan tubuhmu. Jika kampusmu memiliki fasilitas olahraga, manfaatkanlah! Olahraga tidak hanya akan memperlancar peredaran darahmu, tetapi juga meningkatkan sistem daya tahan tubuhmu.

5. Minum cukup air


Soda atau jus buah seringkali menjadi pilihan utama kita ketika berada di kantin. Tapi, jangan lupakan air putih! Minum cukup air adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi. Komposisi air yang cukup juga akan membantu tubuh kita memerangi hormon stres, dan menjaga tubuh tetap sehat.

Untuk memastikan kamu cukup mengonsumsi air, bawalah selalu satu botol air di dalam tasmu.

Selalu ingat, tubuh yang sehat akan menunjang pikiran yang sehat pula. Jadi, yuk terapkan lima tips ini dan jaga agar tubuh kita tetap sehat

0 komentar:

Posting Komentar