Senin, 12 Maret 2012

Jangan Takut Masuk Kuliah

Bagi sebagian orang, memasuki tingkat pendidikan baru menjadi sebuah momok yang menakutkan. Menghadapi lingkungan baru yang terasa asing bagi kita tentu menjadi masalah tersendiri, terutama jika kita memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.



Hal ini mungkin dirasakan oleh siswa SMA yang tengah bersiap-siap memasuki jenjang perguruan tinggi. Kenyamanan yang kita diperoleh saat SMA belum tentu dapat diperoleh lagi ketika kuliah.

Namun, ada beberapa hal baru yang dapat kita peroleh melalui jenjang pendidikan ini, seperti:

Seragam yang bebas. Jika di SMA kita terikat dengan seragam yang ketat maka di perguruan tinggi kita bebas mengekspresikan diri melalui gaya berpakaian. Tapi tentu harus tetap sopan.

Lebih bertanggung jawab. Perguruan tinggi menuntut tanggung jawab yang lebih besar dari diri kamu sendiri. Kita yang memilih jurusan dan mengatur sendiri jadwal kuliah.

Pengalaman baru. Berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di universitas menjadi sarana untuk mengisi kegiatan di waktu luang dan menambah pengalaman.

Memperbanyak teman. Rasa kehilangan terhadap teman-teman di bangku SMA sangat wajar. Namun tidak perlu khawatir karena di kampus kamu akan mendapatkan teman baru serta memperluas jaringan yang nantinya akan berguna di masa depan.

So, masih takut masuk kuliah? Enggak, dong, karena masih banyak manfaat dan pengalaman di kampus yang tidak kalah seru dengan bangku SMA

0 komentar:

Posting Komentar