Senin, 12 Maret 2012

Ngekos? Siapa Takut!






Sebagai lulusan SMA yang akan segera memasuki dunia perkuliahan, kamu tentu diliputi banyak pertanyaan. Apa saja yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi kuliah? Apalagi, jika tempat kuliahmu jauh dari rumah.

Kamu tentu harus menyewa kamar kos, asrama, atau mengontrak rumah bersama teman-temanmu. Nah, sebelum sibuk pindahan dari rumah, simak apa saja yang perlu kamu bawa ketika akan mulai ngekos seperti dirangkum dari situs Huffingtonpost, Rabu (18/5/2011).

Buat daftar barang yang perlu kamu bawa
Dengan membuat daftar tersebut, kamu akan terhindarkan dari membawa barang-barang yang tidak penting ke tempat tinggal barumu. Ini penting karena biasanya luas kamar kos atau asrama mahasiswa terbatas, belum lagi jika kamu berbagi kamar dengan teman. 

Bawa kebutuhan dasar saja
Ketika pindah dari rumah ke tempat kuliah, usahakan membawa barang yang memang kamu butuhkan sehari-hari. Misalnya, pakaian, peralatan mandi, peralatan tulis menulis, serta peralatan tempat tidur seperti sprei dan sarung bantal. Kamu juga bisa membawa beberapa barang yang bisa mengingatkanmu akan rumah agar tidak mudah homesick, misalnya selimut atau poster kesayangan.

Selebihnya, kamu bisa membeli kebutuhan lain di sekitar tempat tinggal barumu. Atau, meminjamnya dari teman sekos sambil membuka pertemanan baru. Seru, kan?

Barang Elektronik
Tidak semua asarama atau tempat kos mengizinkan penghuninya membawa barang elektronik sendiri. Ini untuk menghindari kelebihan beban listrik. Jika kamu berbagi kamar, kamu bisa berbagi peralatan elektronik seperti televisi dan radio. Tapi, ada baiknya kamu tak berbagi pakai barang-barang elektronik yang sifatnya sangat pribadi seperti komputer jinjing (laptop). 

Apa lagi ya?
Barang yang umumnya lupa dibawa mahasiswa baru ketika ngekos adalah peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Kondisi ini mungkin terdengar konyol, tapi kamu perlu mempersiapkan dirimu untuk hal-hal darurat medis yang mungkin mendadak terjadi. Selain plester luka dan cairan antiseptik, kamu perlu juga membekali diri dengan obat-obatan pribadi.

Barang lainnya yang juga akan kamu butuhkan tapi sering terlupakan adalah pita perekat (lakban), kantong plastik, payung, kabel gulung, serta peralatan pertukangan dasar seperti palu dan obeng.

Nah, sudah siap ngekos, kan?

0 komentar:

Posting Komentar