Minggu, 11 Maret 2012

Tips Ampuh Atur Waktu

KETIKA tugas dan kesibukan lain menumpuk, rasanya 24 jam sehari enggak cukup untuk kita. Padahal, kita telah mengerahkan semua kekuatan.


Menguasai manajemen waktu memang bisa menjadi tugas sulit, terutama ketika kita harus menyeimbangkan kuliah, pekerjaan, dan waktu untuk bersenang-senang. Tapi, sebenarnya kampus adalah tempat yang tepat untuk mengasah keterampilan ini mengingat banyaknya kegiatan yang bisa kita ikuti di luar kuliah.

Sedikitnya ada empat langkah yang bisa kita lakukan untuk menguasai seni manajemen waktu. College Times, Sabtu (21/1/2012), membagi triknya untuk kita.

Proaktif

Kamu harus aktif menentukan keputusan akan memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan apa. Ini berarti inisiatif ada di tanganmu, bukan sekadar menunggu orang lain memutuskan kegiatan yang akan kamu lakukan. Dengan kata lain, tentukan kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan di waktu luang ketimbang hanya mengikuti aktivitas teman-temanmu.

Perlu diingat, mengikuti orang banyak, atau bersifat reaktif, hanyalah membuang-buang waktu.

Organisasi


Salah satu bagian penting dari menjadi proaktif adalah memiliki visi pada masa depan. Jika kamu bukanlah tipe perencana, belajarlah menjadi perencana.

Kamu bisa memanfaatkan buku jurnal atau fitur kalender di handphonemu untuk menyusun berbagai rencana.

Pastikan dalam daftar rencanamu itu tercantum jadwal ujian di kampus, tenggat waktu berbagai tugas, 'jatah bolos' yang telah kamu ambil, libur sekolah, jam kantor dosen, janji pertemuan dengan berbagai orang, serta peristiwa atau janji lain yang perlu kamu ingat.

Dengan melakukan ini, tingkat stresmu akan berkurang secara drastis. Kamu juga akan mengetahui lebih awal, kapan minggu sibuk, kapan minggu santai. Merencanakan liburan juga akan lebih mudah deh.

Rencana harian

Setiap hari, rencanakan kegiatanmu dari awal sampai akhir. Waktu yang paling tepat untuk melakukan hal ini adalah menjelang tidur. Cukup rencanakan harimu dalam pikiran. Tetapi jika ada hal amat penting yang perlu kamu catat, lakukanlah. Dengan demikian, harimu akan lebih mudah. 

Prioritas


Meski banyak tanggung jawab yang harus kita penuhi, pastikan kamu mengetahui mana saja yang harus kamu prioritaskan. Penuhi tingkat tugas paling tinggi lebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan tugas yang tidak terlalu penting. 

Deadline proyek akhir tentu jauh lebih penting dibandingkan janji kopi darat dengan komunitas online kan?

Nah, bagaimana kamu mengatur waktumu?

0 komentar:

Posting Komentar