Minggu, 11 Maret 2012

Strategi mengatasi masalah uang kuliah

Banyak cara dan strategi mengatasi masalah uang kuliah, solusi yang paling sering dilakukan berkaitan dengan masalah kesulitan uang kuliah adalah dengan mencari beasiswa



 Tapi masalahnya, kadang banyak mahasiswa atau calon mahasiswa yang belum mengetahui informasi tentang seluk beluk beasiswa ini. Ada banyak lembaga baik pemerintah maupun swasta, jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan, yang memberikan beasiswa, yaitu antara lain :

 1. Beasiswa dari perguruan tinggi tempat kuliah Biasanya di setiap perguruan tinggi ada anggaran khusus untuk beasiswa. Beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi ini biasanya ada tiga macam, yaitu beasiswa berprestasi, beasiswa aktifis dan beasiswa kurang mampu.

 2. Beasiswa dari lembaga pemerintah Lembaga pemerintah yang setiap tahun mengeluarkan beasiswa diantaranya adalah Departemen Pendidikan Nasional (Diknas) dan Departemen Agama (Depag). Hal ini bisa dipahami karena kedua departemen ini mengurusi masalah pendidikan. Kuota/jatah beasiswa yang disediakan biasanya cukup banyak sehingga diharapkan banyak mahasiswa yang terbantu. Selain itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) biasanya menyediakan anggaran untuk beasiswa.

 3. Beasiswa dari lembaga atau yayasan swasta Selain dari instansi pemerintah, beasiswa juga banyak diberikan oleh lembaga atau yayasan swasta. Lembaga-lembaga pemberi beasiswa ini umumnya memberikan beasiswa melalui perguruan tinggi. Namun ada juga lembaga pemberi beasiswa yang menyalurkan beasiswanya langsung kepada mahasiswa tanpa melalui perantara perguruan tinggi. Lembaga pemberi beasiswa ini jumlahnya mencapai ratusan.

 4. Beasiswa Non Formal Beasiswa ini biasanya berasal dari individu yang dermawan. Beasiswa atau bantuan studi dalam bentuk ini sangat bergantung pada keaktifan mahasiswa menjalin hubungan yang baik dengan pihak lain.

 Refrensi: http://catatannyanewbie.blogspot.com/2011/11/strategi-mengatasi-masalah-uang-kuliah.html

0 komentar:

Posting Komentar