Senin, 12 Maret 2012

Siasati Mahalnya Biaya Kuliah Bagi Orangtua


Memasuki tahun ajaran baru memang disambut gembira oleh para peserta didik di berbagai jenjang, mulai dari SD hingga mahasiswa.

Namun, ternyata momen ini membuat para orangtua, terutama mereka yang berpenghasilan pas-pasan untuk memutar otak hanya agar dapat memenuhi keinginan anak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Semakin tinggi jenjang pendidikan, tentu biaya yang dikeluarkan juga akan semakin mahal. Nah, berikut beberapa strategi yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi orangtua yang memiliki anak yang akan masuk kuliah namun berpenghasilan pas-pasan.

Cari info lengkap tentang PTN dan PTS
Kelengkapan informasi ini terdiri dari kualitas pendidikan di kampus tersebut, fasilitas pendidikan, kesempatan/prospek kerja nantinya, lokasi kampus dengan rumah, serta lingkungan sekitar kampus, baik mahasiswa maupun daerah sekitarnya.

Sebagai orangtua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi sang anak. Namun, jangan hanya terpengaruh dengan nama besar kampus tersebut tapi tidak memperhatikan sejumlah faktor pendukung lainnya.

Carilah informasi dengan sesama orangtua, browsing di internet, atau alumni yang pernah berkuliah di kampus tersebut.

Penghasilan kelak VS Biaya kuliah
Hal ini berkaitan dengan prospek kerja program studi yang dipilih sang anak. Jika bisa mendapatkan kampus dengan biaya yang tidak terlalu mahal untuk jurusan yang sesuai dengan minat anak, maka tidak perlu ngotot untuk kuliah di universitas lain dengan biaya yang lebih mahal, apalagi demi prestise semata.

Pertimbangkan keinginan untuk lanjut S-2
Bila sang anak atau mungkin orangtua berkeinginan agar anak tersebut langsung melanjutkan pendidikan S-2 setelah lulus S-1, maka carilah kampus dengan biaya pendidikan program sarjana yang lebih murah namun tetap dengan kulitas yang baik.

Jika biaya kuliah S-1 di kampus mahal ternyata sama dengan biaya untuk menyekolahkan anak hingga selesai S-2, mengapa tidak?

Libatkan anak mengenai anggaran biaya
Anak tentu memiliki pilihan tersendiri mengenai kampus yang dituju sesuai dengan jurusan yang mereka inginkan atau mungkin ada anak yang sekadar memilih kampus dengan alasan banyak teman-temannya yang memilih kampus tersebut dan tidak jarang biaya kuliahnya terlampau mahal.

Namun, jika termasuk dalam golongan orangtua dengan penghasilan pas-pasan, jujurlah pada anak dengan kondisi tersebut. Libatkan mereka dalam penyusunan anggaran biaya kuliah dengan gaji yang dimiliki orangtua. Dengan melibatkan anak, akan membuat mereka mencari tahu sendiri alternatif kampus lain yang sesuai dengan budget orangtua dan sesuai dengan jurusan yang dia sukai.

Carilah program-program beasiswa

Jika anak Anda memang tergolong memiliki kemampuan akademis yang baik, ini akan menjadi jalan keluar bagi permasalahan yang Anda alami. Pasalnya, dengan nilai-nilai akademis yang baik, tentu akan memperbesar kesempatan anak Anda untuk meraih program beasiswa yang kin banyak ditawarkan.

Memang pilihan anak juga penting untuk dipertimbangkan sebab mereka lah yang kelak akan menjalani perkuliahan sesuai dengan passion yang dimiiliki. Namun, tentunya harus disesuaikan dengan kondisi perekonomian orangtua.

0 komentar:

Posting Komentar