Selasa, 13 Maret 2012

Quota SNMPTN Jalur Undangan Lebih Besar

Mulai tahun depan, kuota penerimaan mahasiswa baru seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan lebih besar.



Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, kuota penerimaan calon mahasiswa melalui jalur undangan SNMPTN dipatok 60 persen, sedangkan jalur mandiri 40 persen. Jalur ujian tulis sedianya akan dihilangkan.

Mantan rektor ITB ini mengungkapkan, keputusan ini bukan ditetapkan oleh Kemendikbud, melainkan sudah dirapatkan bersama para rektor perguruan tinggi negeri lainnya dan Djoko menegaskan keputusan ini sudah disetujui oleh seluruh rektor.

"Ini sebagai integrasi UN dan SNMPTN sehingga kampus tidak lagi melakukan seleksi mahasiswa baru," kata Djoko, kemarin.

Djoko mengakui, untuk melaksanakan SNMPTN jalur undangan jaminannya hanya kredibilitas sekolah. Tidak ada lagi persyaratan yang dipilah dari calon mahasiswa perguruan tinggi negeri ini selain penilaian hasil rapor selama calon mahasiswa bersekolah. Karena itu, pemerintah meminta para guru untuk memberikan hasil yang objektif kepada muridnya tanpa ada manipulasi nilai di rapor.

Dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan baru-baru ini, salah satu solusi mencapai nilai rapor yang kredibel ialah dengan database rapor dan nilai UN murni secara nasional. Kemendikbud juga perlu memberikan sanksi kepada sekolah yang melakukan manipulasi nilai. Selain itu diperlukan koordinasi yang intensif antara perguruan tinggi negeri dan penyelenggara UN dengan perubahan paradigma kelulusan dan kualitas pendidikan.

Sekolah yang melakukan manipulasi nilai juga tidak diperbolehkan melalui jalur undangan, tapi jalur mandiri. Djoko menambahkan, kebijakan penetapan jalur undangan dalam SNMPTN ini implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah.

Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab menjelaskan, informasi terkini dari pembukaan SNMPTN tahun ini ialah bagi mahasiswa peserta jalur undangan yang sudah membayar namun belum mengembalikan berkas persyaratan yang diminta panitia diperpanjang dari 8 Maret menjadi Sabtu, 10 Maret kemarin. Persyaratan yang diminta ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi dalam setiap program studi yang dipilih sehingga peserta wajib mengecek ke laman masing-masing kampus.

Dia menjelaskan, panitia menyediakan kuota 270 ribu peserta jalur undangan yang didaftarkan sendiri oleh sekolah. "Pengumumannya pada 28 Mei mulai pukul enam sore dan berakhir pada 13 Juni. Sementara pendaftaran ulang bagi siswa yang diterima mulai 12 Juni hingga 13 Juni,

0 komentar:

Posting Komentar