Minggu, 11 Maret 2012

Tips Cara Belajar Efektif Menjelang UAS

BAGI sebagian besar mahasiswa mungkin kini tengah memasuki minggu-minggu terakhir menjelang Ujian Akhir Semester (UAS), namun kebiasaan menggunakan metode belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam, mahasiswa pun cenderung berleha-leha.


Menjelang hari H, kamu akan menjadi kelabakan ketika menyadari banyaknya materi yang harus dibaca dan dimengerti sebagai bahan UAS. Tidak jarang, sikap pasrah atau mengandalkan 'bantuan' teman menjadi pilihan terakhir yang ditempuh.

Padahal ada beberapa tips yang dapat kamu tiru mengenai cara belajar yang efektif seperti dikutip dari Collegecures, Rabu (23/11/2011):

1. Sedikit belajar tapi mulai lebih awal
Rencanakan rutinitas belajarmu dan jadwal kegiatanmu dalam bersosialisasi. Dengan mulai mencicil materi kuliah sejak awal tidak perlu membuatmu belajar dalam porsi besar karena minimnya waktu. Hal ini akan meluangkan waktumu untuk bersantai serta meminimalkan rasa stres.

2. Memiliki sesi belajar intensif
Jika kamu adalah orang yang mampu mengatasi tekanan tapi tidak memiliki kesabaran untuk duduk berlama-lama sambil membaca buku atau catatan, cobalah menggunakan jam belajar intensif. Rencanakan untuk menyelesaikan satu bab atau sebagian bab setiap jam, namun pastikan kamu memahami benar mengenai bab tersebut.

3. Hindari belajar ketika akhir pekan
Jadikan akhir pekan sebagai waktu untuk melepas penat dengan menghabiskan waktu bersama teman atau orang-orang terdekat. Sebagai gantinya, maksimalkan belajar sepanjang Senin-Jumat dengan porsi yang sesuai kemampuanmu.

4. Perhatikan dengan baik saat dosen mengajar
Alasan pertama mengapa kamu harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin menjelang UAS terjadi, karena kamu tidak menyimak dengan baik ketika dosen memberikan materi perkuliahan. Jika kamu bisa fokus memperhatikan materi yang diberikan, maka waktu belajarmu menjelang ujian akan semakin singkat. Sebab, sebagian besar materi tersebut telah terekam di kepalamu.

5. Patuhi semua rencana yang telah ditetapkan
Melenceng dari jadwal yang telah kamu tetapkan akan membuat segalanya berantakan. Adanya jadwal membantumu tetap fokus antara akademis dan kehidupan sosial.

1 komentar:

Posting Komentar