Minggu, 11 Maret 2012

Saran Sebelum Pindah Kuliah

TERKADANG, di tengah kuliah yang kita jalani terbersit keinginan untuk pindah kuliah. Terlepas alasannya adalah biaya, jarak, lingkungan sekitar, atau simpel karena kamu enggak suka kampusmu, ada banyak faktor pertimbangan ketika kamu memutuskan untuk pindah kuliah.


Setidaknya, ada lima hal yang harus kamu pertimbangkan dalam rencana kepindahanmu seperti dilansir College Cures, Senin (16/1/2012).

Daftar pro dan kontra


Membuat daftar pro dan kontra atau plus minus tentang rencana kepindahanmu kuliah akan memudahkanmu mengambil keputusan.

Dengan mengambil waktu untuk memikirkan smeua hal tersebut, maka area abu-abu dalam rencana kepindahanmu akan menjadi lebih jelas.

Bicarakan dengan orangtua


Mungkin kamu merasa pilihan untuk pindah kuliah adalah keputusan pribadimu. Tetapi, perlu kamu ingat, orangtuamu juga berperan besar dalam kuliahmu. Tidak  hanya membayari biaya kuliahmu, mereka juga menjemputmu ketika kamu pulang di akhir pekan, atau menjagamu ketika kamu diopname di rumah sakit. Karenanya, sebelum memutuskan akan pindah kuliah, pastikan kamu berkonsultasi dengan orangtuamu.

Pikirkan ulang

Kamu mungkin tidak menyukai pilihan kuliahmu sekarang. Tapi, luangkan waktu untuk memikirkannya kembali baik-baik. Apakah ketidaksukaanmu itu hanya sementara, atau memang sudah tidak bisa diatasi lagi. Pemikiran yang mendalam akan membantumu menilai apakah alasanmu untuk pindah kuliah benar-benar kuat atau tidak.

Jangan tanyakan opini semua teman


Keputusan pindah kuliah adalah murni keputusanmu. Kamu bisa berbagi dengan teman paling karib di antara teman-teman dekatmu. Enggak perlu deh kamu pasang status Facebook atau nge-tweet tentang rencana kepindahanmu ini.

Jangan pindah kuliah karena teman

Kuliah bersama teman-teman memang akan lebih menyenangkan. Tapi bukan berarti keinginanmu untuk pindah kuliah hanya karena banyak teman mainmu di kampus yang ingin kamu tuju. Kamu kan masih bisa hang out dengan mereka di sela-sela kesibukan kuliah. Atau jika teman-temanmu jauh, teknologi komunikasi akan memudahkanmu tetap berbagi kabar dan gosip terbaru. Selain itu, kamu juga bisa mencari teman baru di kampusmu, kan?


Nah, sebelum memutuskan akan pindah atau tidak, pikirkan kembali baik buruknya matang-matang. Pertimbangkan juga, masa kuliah adalah saatnya kita memenuhi berbagai tujuan dan ambisi dalam hidup. Mulai sekarang, belajarlah mencintai pilihan kuliah dan kampusmu. Dengan begitu, masa kuliahmu akan lebih mudah kamu jalani. 

0 komentar:

Posting Komentar