Minggu, 11 Maret 2012

Ide Bisnis Unik untuk Mahasiswa

JIKA kamu mahasiswa yang sedang mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan, mengapa tidak merintis bisnis sendiri yang prospektif? Tentu saja, memulai usaha dari nol membutuhkan modal, dan tidak jarang dalam jumlah besar. Tetapi, sebenarnya ada beberapa pilihan usaha yang tidak membutuhkan banyak modal.


Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mendistribusikan leaflet atau brosur sebuah perusahaan. Kamulah yang akan menentukan sendiri berapa banyak brosur yang akan kamu bagikan dalam sehari. Kamu mungkin akan diminta membeli brosur tersebut, kemudian kamu akan diberikan kompensasi sesuai hasil kerjamu. Meski demikian, kamu juga harus bertanggung jawab dengan komitmen yang telah kamu sampaikan sebelumnya.

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan menurut situs College Students Are Poor, Jumat (9/3/2012), adalah menyediakan jasa membersihkan kamar kos. Tidak dimungkiri, mahasiswa yang tinggal di rumah kos cenderung berantakan dan tidak peduli untuk membersihkan kamar mereka. Kenyataan ini akan membuatmu tidak kekurangan klien. Satu-satunya masalah adalah, menemukan mereka yang mau membayar jasamu.

Ketika menjalankan bisnis ini, satu hal yang perlu  kamu tekankan untuk mendapat klien adalah meyakinkan mereka untuk memiliki kamar yang rapi ketika tiba-tiba mereka dikunjungi orangtua atau tamu istimewa. Cara ini mungkin akan menimbulkan 'kepanikan' yang cukup sehingga teman-temanmu mau mengeluarkan sejumlah uang untuk membersihkan kekacauan kamar mereka.

Kamu juga bisa mendapat uang dengan menjadi penjual tiket dari berbagai event di kampus. Dengan cara ini, kamu bahkan bisa memulai sebuah event organizer. Tentu saja, jasa yang kamu berikan disesuaikan dengan bujet yang dimiliki teman-teman yang menyewamu. Pilihan lainnya, kamu dapat mengorganisasi sebuah liburan murah meriah untuk teman-teman di kampus. Percaya deh, teman-temanmu akan sangat berterima kasih karena telah menyediakan kesempatan menikmati berbagai objek wisata dengan dana terjangkau.

Peluang bisnis lain yang juga sangat dihargai adalah pengasuh anak. Di antara teman-teman kuliahmu pasti ada yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Terkadang, mereka butuh seseorang untuk menjaga anak ketika mereka harus kuliah atau menemui dosen. Jika kamu berencana menjadi pengajar, kesempatan ini dapat menjadi caramu mempersiapkan diri dalam menghadapi anak-anak. Kamu juga bisa sekalian belajar bagaimana mengasuh anak, kan?

Jika kamu berbakat dalam menulis, kamu bisa menawarkan kemampuanmu itu untuk menjadi tutor atau pemeriksa tugas bagi teman-temanmu. Memang tidak etis membayar seseorang untuk mengerjakan tugas kita. Tetapi, banyak orang membutuhkan bantuan untuk memastikan bahwa tugas yang mereka tulis memenuhi standar dosen. Kamu dapat berperan sebagai asisten akademik sang teman, sekaligus menambah pundi-pundi uangmu di saat yang sama.

Satu kunci penting untuk sukses merintis bisnis ketika kuliah adalah mempertimbangkan kemampuan dan kekuatan pribadimu, kemudian mengubahnya menjadi peluang bisnis. Selamat berusaha

Refrensi : OkeZone

0 komentar:

Posting Komentar