Selasa, 13 Maret 2012

Mahasiswi di China Gelar Parade Pakaian Dalam


Mahasiswi di Chengdu University’s School of Radio, Film, & Television memicu kontroversi setelah menggelar peragaan busana yang ‘menjiplak’ acara populer. Pasalnya, mahasiswi kampus ini meniru fesyen show pakaian dalam tahunan populer, Victoria’s Secret.
Mereka secara utuh meniru peragaan busana perusahaan ritel pakaian dalam asal Amerika Serikat itu. Tiap perempuan berlenggok di catwalk dengan busana minim lengkap aksesoris penunjang.


Konsep acara dan pose yang ditampilkan oleh para ‘model’ sama persis dengan peragaan busana Victoria’s Secret. Hal ini pun memicu keluhan dari para tamu karena dinilai hanya meniru total acara Victoria’s Secret. Kejadian ini merupakan kasus ‘jiplakan’ terbaru yang terjadi di China, setelah sebelumnya muncul toko palsu Apple dan Ikea di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Komunitas online situs berita Chinasmack dengan tegas mengkritik universitas karena memungkinkan mahasiswa untuk melakukan aksi yang menjiplak. Demikian seperti dikutip dari China's Global Times, Selasa (13/3/2012).

Selain masalah orisinalitas, beberapa pihak menilai, pakaian yang dikenakan mahasiswi sangat tidak pantas. Apalagi, pertunjukan pakaian dalam digelar dalam suasana akademis.

Mahasiswa senior di Binzhou Medical University Feng Zhen menyatakan, hal ini sangat memalukan. “Sangat memalukan mahasiswa mengenakan pakaian yang sangat minim. Ada banyak jenis pakaian yang lebih layak dikenakan mahasiswa,” jelasnya.

Sementara Tina Wang, mahasiswa senior di Communication University of China punya pandangan berbeda. Menurutnya, pertunjukan ini dapat menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka

0 komentar:

Posting Komentar