Minggu, 11 Maret 2012

Pedekate ke Dosen, Kenapa Tidak?

 APA yang kamu lakukan di kampus ketika tidak ada kelas? Sekadar berkumpul bersama teman-teman untuk makan dan menghasbiskan waktu?

Sosialisasi memang dibutuhkan bagi setiap orang, terutama kawula muda untuk ingin terus berkembang. Namun, terdapat cara positif lainnya yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengisi jeda kuliah, di antaranya dengan mendatangi ruang dosen untuk melakukan pedekate alias pendekatan.

Meski akan muncul anggapan sebagai 'pencari muka', memanfaatkan jeda waktu untuk mengunjungi dosen memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang kamu peroleh dengan mendatangi dosen di luar jam kuliah seperti dikutip dari CampusGrotto, Sabtu (4/2/2012).

Bantuan ekstra jelang ujian
Jika kamu terlalu malu mengajukan pertanyaan atau meminta dosen mengulangi materi ketika mengajar di kelas karena kamu belum paham, maka kunjungan ini menjadi solusi terbaik bagimu.

Membangun koneksi
Hubungan positif yang dapat tercipta antara mahasiswa dan dosen memberikan banyak manfaat. Ketika dosen telah mengenal kepribadianmu dengan baik, maka dengan senang hati dia akan memberikan surat rekomendasi ketika suatu saat kamu membutuhkannya. Bahkan, dengan jaringan yang dimilikinya, kamu akan terbantu saat mencari lapangan kerja.

Mendatangi dosen untuk berkonsultasi tentu memiliki tata krama. Lalu, bagaimana cara yang sopan?
1. Tanyakan kesediaan sang dosen untuk menerima kunjunganmu dengan mendatangi langsung ruangannya. Jika saat itu dia memungkinkan untuk menerima kunjunganmu, segera sampaikan maksud kedatanganmu. Tapi jika dia tengah sibuk, atur kembali jadwal pertemuan kalian.
2. Datanglah tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah kalian sepakati bersama.
3. Siapkan daftar pertanyaan yang hendak kamu ajukan sehingga tidak membuang waktu dosen tersebut.
4. Gunakan bahasa yang sopan selama perbincangan dan ucapkan terima kasih atas kesediaan mereka untuk menerima kunjunganmu

0 komentar:

Posting Komentar