Senin, 12 Maret 2012

Kenpa Skripsiku Ga Pernah Selesai..

Skripsi atau tesis menjadi suatu syarat yang menghalangimu meraih gelar sarjana setelah menimba ilmu sekian tahun di bangku perkuliahan.



Dalam beberapa kasus, mahasiswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikan skripsi atau tesis mereka, baik karena faktor internal, yaitu rasa malas maupun eksternal, seperti sulitnya mencari bahan mengenai topik skripsi atau dosen pembimbing yang terus-menerus memberikan revisi.

Hal tersebut dapat membuat skripsi atau tesis yang tengah digarap berhenti di tengah jalan dan tertunda hingga melewati batas waktu pengumpulan skripsi sehingga harus menunggu semester depan.

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk menyiasati skripsi agar cepat selesai:

Buat timetable. Tulis dengan jelas apa yang akan kamu lakukan dan batas waktunya. Adanya jadwal yang teratur dapat membantu memantau perkembangan skripsi atau tesismu.

Pilih dosen pembimbing yang benar dan tepat. Tanpa kamu sadari, dosen pembimbing turut menjadi penentu dalam penyelesaian penulisan skripsi atau tesismu. Memilih dosen pembimbing yang killer mungkin akan membuat skripsimu selesai lebih lama, namun kamu tidak perlu khawatir karena dosen tersebut tidak akan menjatuhkanmu saat sidang.

Motivasi diri sendiri. Rasa malas memang musuh utama dalam pembuatan skripsi atau tesis. Kamu harus mampu mengalahkan rasa malas tersebut guna menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Pemilihan topik. Semakin umum topik yang kamu pilih, akan semakin banyak referensi mengenai topik tersebut. Namun, pemilihan topik yang terlalu umum dan sering digunakan dapat menjadi bumerang bagimu sendiri karena dosen pembimbing akan menuntut agar skripsimu berbeda dengan yang sudah ada.

Ajak teman. Jika kamu adalah seseorang yang mengalami kesulitan untuk memulai, ajaklah temanmu untuk mengerjakan skripsi bersama-sama. Dengan mengajak teman, kamu mendapat keuntungan untuk selalu diingatkan agar menyelesaikan skripsi.

Jauhkan gangguan selama proses skripsi. Main games atau ajakan teman untuk bersenang-senang menjadi godaan dalam mengerjakan skripsi. Konsenterasimu akan terbagi sehingga skripsi menjadi terbengkalai.

Sediakan waktu untuk bersantai. Sebulan penuh berkutat dengan skripsi bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Manjakan diri dengan beristirahat sejenak bahkan berekreasi, siapa tahu akan menimbulkan inspirasi untuk melanjutkan skripsimu.

0 komentar:

Posting Komentar