Minggu, 11 Maret 2012

Ayo Cari Teman Baru Setelah Lulus

SETELAH lulus kuliah, kita biasanya dihadapkan pada situasi penuh persaingan dengan teman sebaya. Entah itu berkompetisi dalam meraih karier, membangun rumah tangga, atau hal-hal lainnya.

Persaingan tersebut menyulitkan kita untuk mempertahankan pertemanan, kecuali dengan sahabat terdekat.

College Times, Jumat (20/1/2012), merilis beberapa cara untuk mengembangkan pertemanan baru setelah kita lulus kuliah.

Terus belajar


Setelah lulus kuliah bukan berarti kamu berhenti belajar. Tetapi, meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi juga bukan satu-satunya jalan mendapatkan pengetahuan baru.

Coba deh ikuti kelas-kelas belajar ringan seperti kursus musik, kursus menjahit, dan kerajinan tangan, kursus bahasa, dan sebagainya. Dengan begini, kamu tidak hanya secara aktif terus mendapat ilmu baru, tetapi juga sekaligus belajar menghadapi kelompok sosial yang baru.

Selain itu, setiap kali bepergian ke daerah baru, cobalah mempelajari satu dua hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Dijamin, perjalananmu akan lebih menarik!

Memelihara hobi


Jika dulu kamu memilih hobi karena hal itu sedang ngetren, misalnya skateboarding, maka cobalah jadikan hobi atau aktivitas pilihanmu sebagai sesuatu yang rutin kamu lakukan.

Menjadi relawan
Peduli dengan kelaparan di Afrika, apalagi sampai memutuskan bergabung menjadi relawan memang bagus. Tapi tengoklah di sekitarmu, banyak juga kelompok masyarakat yang bisa kita bantu. Bergabunglah dengan komunitas sosial terdekat di lingkunganmu. Dengan begitu, kamu akan memiliki wadah untuk menyalurkan kepedulianmu, sekaligus mengenal teman-teman baru. 

Pindah
Jika kamu merasa bosan dengan di mana kamu tinggal atau beraktivitas, pindahlah! Lingkungan adalah salah satu faktor penting bagi kita sebagai makhluk sosial.

Cara lain untuk mengatasi kebosanan seperti itu adalah dengan mencoba banyak hal baru. Misalnya, berganti tempat makan, atau mencari rute baru dari dan ke rumah, dan sebagainya. Berganti suasana seperti ini memungkinkanmu bertemu banyak orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya, sekaligus memberi warna dalam hidupmu.

Gabung dengan komunitas
Kemajuan teknologi memang memudahkan kita melakukan banyak hal, termasuk 'ngumpul' dengan teman secara virtual. Tapi, kita juga tetap perlu merasakan 'realitas' yang sebenarnya. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang kamu minati, kemudian bertemulah secara langsung. Kopi darat memberimu kesempatan mengenal teman-teman baru lebih baik dari sekadar chatting

0 komentar:

Posting Komentar