Kamis, 15 Maret 2012

Mau Ahli di Interview Kerja? Ini Tipsnya?

MENGUASAI wawancara kerja adalah keterampilan yang sangat penting bagi semua pencari kerja. Dengan mengetahui celah wawancara kerja bukan tidak mungkin kamu akan sering lolos seleksi.




Untungnya, menguasai proses wawancara kerja adalah tidak menakutkan seperti yang kamu bayangkan. dengan mempersiapkan diri dengan benar, kamu bisa pergi ke janji wawancara dengan keyakinan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi wawancara kerja. Demikian seperti dikutip dari Campusgrotto, Jumat (2/3/2012).

Lakukan riset
Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan tempatmu melamar. Caranya mudah, cukup dengan mengakses website perusahaan. Di laman tersebut kamu akan menemukan informasi secara menyeluruh mengenai perusahaan mulai dari susunan organisasi, visi dan misi perusahaan, hingga deskripsi pekerjaan.

Praktik, praktik, dan praktik
Ajaklah anggota keluarga atau teman untuk melakukan latihan wawancara. Pelajari menjawab berbagai pertanyaan dengan nyaman namun meyakinkan. Misalnya, bagaimana mengutarakan pengalaman kerja sebelumnya, ketertarikan melamar pekerjaan tersebut, serta kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Kemudian, minta pendapat atau saran yang membangun dari partner latihanmu.

Semakin sering kamu berlatih berbicara tentang diri sendiri, pengalaman kerja, maupun alasan menginginkan pekerjaan yang ditawarkan, maka kamu akan semakin yakin dalam wawancara nantinya.

Kenali siapa pewawancaramu
Selalu pastikan kamu mengetahui nama lengkap orang yang akan memawawancaraimu. Jangan takut untuk meminta informasi ini kepada HRD sebelum wawancara karena dapat menunjukkan minatmu terhadap perusahaan dan wawancara. Memulai wawancara dengan percaya diri sangat penting jadi pastikan kamu menyebut nama pewawancara dengan benar.

Ini hanya tiga tips sederhana yang dapat membantumu menguasai proses wawancara kerja. Jangan lupa untuk menambahkan ketiga tips tersebut dengan rasa percaya diri dan keyakinan saat melakukan wawancara. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar