Senin, 12 Maret 2012

Nyatat Sampai buku Habis? Sudah Gak Zaman!

Duduk di bangku kuliah memang penuh dengan berbagai teori. Namun, realisasi di dunia kerja tidak hanya mengandalkan teori saja loh!

Menyimak dan mencatat materi kuliah yang diberikan dosen tidak cukup untuk menjawab tantangan kerja. Dibutuhkan kemampuan bersosialisasi, berorganisasi dan ajang praktik.

Nah, ada wadah yang bisa mengasah kemampuan kamu, salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui UKM, banyak pelajaran yang tidak kamu dapatkan di kelas. UKM biasanya langsung merealisasikan berbagai teori di kelas secara nyata. Jadi kamu bisa langsung mempraktikan pelajaran.

Berikut tips bagaimana mengikuti kegiatan kampus, tanpa menggangu aktivitas kuliah.

Pilih yang mana ya?

Setiap kampus biasanya memiliki berbagai macam kegiatan mahasiswa. Pilihlah yang paling kamu minati dan kalau bisa sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Misalnya, kamu tertarik pada dunia fotografi. Pilihlah UKM fotografi. Jika di dalam kelas hanya dijelaskan teorinya saja, biasanya melalui UKM kamu bisa belajar menjadi fotografer yang sesungguhnya. Mulai dari hunting foto sampai tehnik menghasilkan foto yang baik. Bahkan karya fotomu bisa dipamerkan dalam ajang yang biasanya dilakukan secara rutin.

Bagi kamu ingin menjadi wartawan, misalnya, bisa bergabung dengan redaksi majalah fakultas atau kampus.

Selain mengasah skil, kamu juga dapat memperluas pergaulan. Karena biasanya antar-UKM di berbagai universitas saling berhubungan.

Ikut UKM Jangan Ganggu Kuliah

Jika minatmu banyak, tidak ada salahnya ikuti UKM lebih dari satu. Asalkan, jadwalnya tidak bentrok. Kamu juga dituntut untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Tujuannya, jangan sampai menggangu kuliah, apalagi sampai nilaimu jeblok.

Beberapa pengalaman menunjukan, ikut UKM tanpa prioritas yang jelas, dapat menggangu waktu kuliahmu. Hindari menjadi mahasiswa abadi. Ingat biaya kuliah tidak murah.

Melatih Diri dalam Berorganisasi

Ikut suatu UKM jangan setengah-setengah. Artinya, pastikan kamu bisa menempati posisi pengurus. Seringnya rapat ini-itu, maupun terlibat jadi panitia dalam suatu acara akan meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi.

Ikut UKM Bisa Menjadi Pertimbangan Melamar Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pilih UKM yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Dengan demikian akan mendukung kemampuanmu secara total.

Pertebal Kantong
Salah satu keuntungan ikut UKM antara lain adalah bisa menambah uang saku. Ada beberapa UKM yang ilmunya bisa dijadikan duit.

Contohnya UKM fotografi. Kamu bisa membuka kesempatan untuk menjadi fotografer buku tahunan anak SD hingga SMA, pre-wedding temanmu, atau fotografer untuk event tertentu....

0 komentar:

Posting Komentar