Selasa, 06 Maret 2012

Tips Sebelum Kuliah Di Luar Negri

 TIPS SEBELUM INGIN KULIAH DI LUAR NEGRI






BELAJAR di luar negeri memang menjadi cara sempurna bagi seseorang untuk meningkatkan kemampuan akademis, sekaligus mengunjungi negara baru pada saat yang sama. Belajar di luar negeri juga bisa menjadi pendorong besar dalam karier, terutama bagi kamu yang memilih ilmu-ilmu sosial, humaniora, dan jurusan bisnis dan manajemen. Ketiganya adalah pilihan favorit dalam studi ke luar negeri dan memiliki prospek karier internasional cukup baik.

Campus Grotto, Selasa (6/3/2012) melansir, Eropa masih menjadi negara favorit yang dipilih untuk studi di luar negeri. Tiap tahun, ratusan ribu mahasiswa dari berbagai negara mendatangi negara-negara Erpoa seperti Inggris, Perancis, Spanyol dan Italia, untuk menuntut



Sebelum memutuskan belajar di luar negeri, pastikan kamu memahami berbagai kelebihan dan kekurangannya. Keuntungan belajar di luar negeri adalah, kamu bisa mendapatkan standar yang lebih tinggi dan lebih beragam dari pendidikan yang saat ini tersedia untukmu. Kualifikasi ini akan sangat berharga dalam pencapaian akademikmu.

Kelebihan lainnya, berada jauh dari rumah untuk belajar akan mengembangkan beberapa kebajikan kunci dalam diri seseorang, seperti kemandirian, manajemen keuangan, serta membangun diri menjadi individu yang lebih kuat.



Di luar semua 'kebebasan' yang akan kita dapatkan dengan berada jauh dari rumah, menempuh studi di luar negeri juga memiliki beberapa kekurangan. Masalah utama dan yang pertama muncul biasanya kamu akan merasakan 'home sick'.  Tetapi jangan khawatir, jika kamu berhasil mengatasinya, maka kamu akan lebih mudah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa rantau. 

Jika keinginanmu untuk belajar di luar negeri begitu menggebu, coba gunakan daftar ini untuk memantapkan keputusan itu.

Keluarga dan teman


Keduanya adalah faktor utama yang menghambat banyak siswa untuk belajar di luar negeri. Keluarga dan teman pulalah yang menimbulkan perasaan 'home sick'. Penanganan home sick ini tergantung pada masing-masing individu, tergantung seberapa kuat mereka dapat jauh dari keluarga dan teman dekat.

Keuangan


Setelah memantapkan diri untuk menempuh studi di luar negeri, urusan keuangan adalah faktor kedua yang harus jadi pertimbanganmu. Masalah biaya pendidikan memang bisa ditangani dengan tersedianya beragam program beasiswa sesuai kebutuhan studimu, tetapi urusan uang tidak berhenti di situ saja. Kamu harus juga memikirkan tentang biaya hidup yang harus kamu keluarkan, sesuai dengan standar di negara yang kamu tuju.

Kualitas pendidikan


Faktor lainnya yang juga penting adalah kualitas pendidikan di negara tujuanmu. Jika memutuskan belajar di negara asing, pastikan kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih tinggi dari negara asalmu. Akan sia-sia jika kamu pergi belajar di negara yang memiliki kualitas pendidikan setara dengan kualitas negara asalmu saat ini.

Selain ketiga hal itu, masih banyak faktor pertimbangan lainnya sebelum kamu memutuskan akan belajar di luar negeri. Misalnya, masa studi, akomodasi, negara tujuan, dan visa. Perlu diketahui, ada banyak program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Beberapa negara bahkan menyediakan program kuliah internasional khusus di musim panas. Kamu bisa menikmati masa libur musim panas di negeri orang dengan mengikuti program tersebut sekaligus meningkatkan kemampuan akademikmu.

Periksalah program-program pendidikan bagi pelajar internasional yang disediakan kampus tujuanmu. Pastikan juga kamu dapat bertemu dengan penasihat studi di luar negeri yang dapat membantumu menemukan program pendidikan yang tepat dan menjawab semua pertanyaan yang kamu miliki.

Pada akhirnya, sedikitnya ada empat alasan mengapa seseorang memilih belajar di luar negeri, yakni mendapatkan ilmu, kesempatan melihat dunia, pengalaman internasional akan terlihat baik pada resume, serta memperkaya pengetahuan bahasa dan budaya asing

0 komentar:

Posting Komentar