Selasa, 06 Maret 2012

Kuliah Akting, Jalan Pintas Jadi Terkenal

BEIJING - Ribuan pelajar dari seluruh provinsi di China mendaftar ke salah satu perguruan tinggi pencetak bintang, Shanghai Theater Academy. Untuk program studi yang paling difavoritkan, akting, 2.000 siswa telah mendaftar. Mereka akan bersaing untuk 50 kursi saja.



Bulan lalu, pendaftaran akademi Beijing ini menarik lebih dari 2.200 siswa. Sebelum mereka mendapatkan tawaran masuk, para siswa harus mengikuti tes tiga putaran yakni pemeriksaan bacaan, menari, menyanyi, gerak tubuh, dan penampilan dadakan.

“Pada setiap putaran kompetisi, setiap siswa akan dinilai oleh sedikitnya lima penguji yang sudah mumpuni di lapangan,” kata Direktur Program Studi Akting, Long Junjie.

Tahun ini, akademi juga mengundang aktor dan sutradara terkenal di China untuk menjadi penguji. Di antara para penguji adalah aktor dan penyanyi terkenal Wang Luoyong dan sutradara film dan teater terkenal Sherwood Hu.

Setelah hasil ujian dirilis pada awal April, para siswa mesti mengikuti ujian masuk perguruan tinggi nasional yang diadakan pada Juni 2012. Mereka harus memenuhi nilai yang sudah disyaratkan agar bisa diterima di Shanghai Theater Academy.

Euforia menjadi bintang meningkat di China selama beberapa tahun terakhir. Ini terlihat karena program studi akting banyak diburu para siswa yang mendaftar ke perguruan tinggi seni di China. Tahun ini, 6.000 siswa mengikuti tes masuk Beijing Film Academy sementara yang diterima hanya 30 orang. Demikian seperti dikutip dari Shanghai Daily, Senin (6/3/2012).

Celine Zhang, pelajar usia 18 tahun, mendaftar ke Shanghai  . “Saya tahu persaingan masuk akan sangat ketat. Meski sebagian besar anggota keluarga mendorong saya agar belajar hukum dan ekonomi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan stabil setelah lulus, saya tidak akan menyerah untuk meraih mimpi saya untuk berakting,” jelas Zhang.

Banyak juga pelajar yang ingin jadi bintang, yang menilai program studi akting merupakan jalan pintas dan tiket emas untuk meraih ketenaran.




Namun menurut sutradara Sherwood, para siswa harus berpikir dua kali sebelum mengambil seni pertunjukan sebagai karier seumur hidup. “Tidak setiap orang memenuhi syarat untuk menjadi aktor yang baik, karena akting adalah profesi sulit yang mengharuskan seseorang untuk memiliki bakat, semangat, ketekunan dan kadang-kadang keberuntungan. Banyak lulusan sekolah akting yang tidak dapat menemukan pekerjaan yang stabil dan bayaran besar. Para siswa harus memahami betapa sulitnya jalan ini dan mereka harus siap untuk hal itu,” pungkas Sherwood.

 Sumber : http://oke**zone.com

0 komentar:

Posting Komentar