Selasa, 06 Maret 2012

Korupsi di Kampus Tidak Hanya Soal Uang

JAKARTA - Siapa bilang korupsi hanya selalu berupa uang? Saat ini tindak korupsi telah menyebar luas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang akademis.



Hal ini diungkapkan mantan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) M K Tadjudin dalam deklarasi UI Bersih di fakultas Kedokteran Fk UI, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2012). Dia menyebutkan, korupsi telah menyebar luas di berbagai bidang kehidupan. 

"Korupsi bukan hanya tentang uang tapi juga waktu dan tindak plagiarisme," kata Tadjudin.

Dia mengungkapkan, plagiarisme merupakan tindakan secara perorangan, namun untuk memberantas tindak korupsi dibutuhkan perbaikan secara keseluruhan. "Perbaikan di universitas menyangkut sistem dan birokrasi di kampus tersebut," ujarnya.

Selain berkonsentrasi untuk meminimalisasi tindak korupsi, Tadjudin mengimbau agar mahasiswa serta kalangan akademisi untuk mengawal RUU PT yang tengah dibahas di DPR. "Dalam RUU PT yang tengah dibahas tersebut harus kita perhatikan. Universitas bukan hanya kepanjangan birokrasi pemerintahan tapi merupakan birokrasi otonom," kata Tadjudin.

Sebelumnya beberapa pakar memberikan beberapa pernyataan terkait tindak korupsi yang ada di Indonesia maupun di universitas pada khususnya. Mereka adalah mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, perwakilan ICW Febri Hendry, serta anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Jangan Diam (Jaringan Pendidik, Mahasiswa, Alumni, dan Mayarakat) Lawan Korupsi. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga disuguhi oleh penayangan empat film pendek tentang perilaku korupsi di kehidupan sehari-hari

Sumber : http://oke**zone.com

0 komentar:

Posting Komentar